Loss Pasar Senilai Rp 957 Juta Diresmikan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Loss Pasar Rakyat Krucil diresmikan oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko, Senin (18/3/2019) pagi. Pasar ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 957.924.000.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi mengungkapkan, pasar memiliki peranan penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat di sekitar pasar dari lintas desa hingga tingkat provinsi.

“Pasar juga merupakan tempat bergantungnya sebagian masyarakat untuk mencari nafkah,” kata Mahbub seusai peresmian.

Menurut Mahbub, kegiatan rehab pasar tahun 2018 diperuntukkan merehab loss, pagar, drainase, pavingisasi, talang dan pengecatan yang mulai kusam dan rapuh. Dantaranya Pasar Sumber, Pasar Banyuanyar, Pasar Pajarakan, Pasar Krucil, Pasar Kraksaan Wetan.

“Serta membangun loss dan kios RPH di lokasi Pasar Krucil dari pedagang terdampak sebanyak 100, kios atau lapak sejumlah 89 dan loss sebanyak 11,” terangnya.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengatakan Kabupaten Probolinggo memiliki 34 pasar tradisional dan jumlah pedagang 7.853 orang. Dengan kata lain, ada 31.412 orang yang hidupnya bergantung di pasar.

“Pada tahun 2018 dibangun 6 pasar diharapkan dapat memberi contoh pasar kurang baik menjadi pasar tradisional yang bersih, tertib, aman dan nyaman. Tahun 2019 akan dibangun 6 pasar tradisional lagi melalui Disperindag Kabupaten Probolinggo,” ucap Sidik.

Selain pembangunan dan revitalisasi pasar tahun 2018 yang berjumlah 6 pasar tradisional, pengelolaan diharapkan secara profesional dan dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai tempat penjualan dan promosi produk unggulan khas Kabupaten Probolinggo.

“Kita sudah memasuki era perdagangan bebas Asean atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kita tidak perlu risau jika mampu mengenali diri kita, mengenal jati diri kita sebagai masyarakat gotong royong, repo seliro dan masyarakat yang cinta kasih,” tegasnya. (*)

Baca Juga  Kota Probolinggo Raih Adipura ke-12

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. …