Turunkan AKI-AKB, Dinkes ‘Gembleng’ Bidan Desa

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo menggelar workshop peningkatan kapasitas bidan desa di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (26/2/2019). Workshop ini untuk memangkas angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Kegiatan diikuti oleh 170 bidan desa dari 17 puskesmas di Kabupaten Probolinggo. Mereka mendapatkan materi tentang tata laksana ibu hamil dengan penyakit menular atau tidak menular, pencegahan bayi lahir dengan BBLR, serta review persalinan normal dan komplikasi.

“Untuk mencapai penyamaan komitmen, salah satunya dilakukan dengan penguatan materi meliputi pertolongan persalinan. Diharapkan outcomenya angka kesakitan dan kematian menurun,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto

Menurut Anang, di Kabupaten Probolinggo jumlah kesakitan dan kematian bayi masih tinggi. Pada tahun 2017 sebanyak 190 kasus dan tahun 2018 sebanyak 242 kasus. Jumlah kematian bayi dari tahun 2017 ke tahun 2018 mengalami kenaikan siginifikan.

Sedangkan kematian ibu tahun 2017 sebesar 16 kasus dan tahun 2018 sebesar 12 kasus. Kematian ibu dalam 5 tahun terakhir sudah mengalami penurunan. Soal kematian bayi, Anang menyebut ada 3 faktor keterlambatan dalam memperoleh pertolongan yang dibutuhkan.

“Diantaranya, karena terlambat mendeteksi adanya resiko tinggi, mengambil keputusan dan mencapai saran pelayanan kesehatan. Hal tersebut perlu penelusuran akar penyebab masalahnya,” jelas dia.

Sementara Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Kabupaten Probolinggo Sutilah mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Probolinggo.

“Dengan kegiatan ini maka bidan desa memahami tupoksinya dan mampu mendeteksi resiko tinggi kehamilan dan melakukan rujukan yang standart. Disamping mampu melaksanakan dan memahami apliasi SIMAMI,” tandas Sutilah. (*)

 

Penulis : Mohamas Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Puluhan Hektar Lahan Pertanian Terdampak Banjir Lahar, Pemkab Lumajang Buka Cadangan Pangan

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …