Yukh.. Bangun Karakter Anak Melalui Literasi Sekolah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter anak menjadi kreatif dan produktif. Salah satunya dengan mengajak mereka akti dalam kegiatan literasi sekolah serta mewarnai massal.

Pemandangan inilah yang terlihat di SD Muhammadiyah, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, pada Sabtu (23/2/2019) pagi. Sedikitnya 280 anak adu kreatifitas lomba mewarnai.

Dalam kegiatan yang bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Probolinggo itu, anak-anak tak hanya diajak asah imajinasi melalui lomba menggambar. Melainkan juga membaca buku gratis mendongeng hingga praktek mengolah kelor menjadi coklat.

“Kami juga memberikan keterampilan mengolah daun kering dan sampah untuk dibuat handycraft, kerajinan lukisan unik serta cooking class,” kata inisiator kegiatan, Indah Sari.

Komunitas musang saat mengenalkan peliharaannya kepada anak-anak. (ist)

Tujuan kegiatan ini, menurut Indah Sari, untuk mencetak generasi bangsa yang kreatif, produktif serta mendekatkan perpustakaan kepada anak via program dolanan keliling sekolah. Di era milenial, imbuh dia, kegiatan semacam itu sudah kalah greget dengan gadget.

“Kegiatan ini efektif menumbuhkembangkan kecerdasan anak dan menekan ketergantungan anak terhadap gadget,” cetus dia.

Sebagai dimensi baru, komunitas musang memberi edukasi kepada anak bagaimana cara merawat dan menyayangi binatang secara langsung. “Alhamdulillah anak-anak terhibur. Saya berharap, kegiatan ini lebih dintensifkan untuk masa depan bangsa,” Indah Sari memungkasi. (*)

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Berbekal Sampah, Gratis Nonton Konser Nawa Hati

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …