Sebar Hoax Bank BCA Pandaan Dirampok, 4 Pria Dicokok Polisi

PASURUAN-PANTURA7.com, Jatanras Satreskrim Polres Pasuruan menciduk 4 orang pria, yang duga sebagai penyebar informasi hoaks (bohong). Mereka ditangkap pasca menyebarkan hoaks tentang terjadinya perampokan di Bank BCA Cabang Pandaan pada Rabu  (9/1/2019) sekitar pukul 18.00 WIB.

Ke-empat pelaku masing-masing adalah Moh. Didik Supriyanto (29) asal Desa Kalianyar, Kecamatan Bangil;  Eko Prasetyo (29) warga Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil; dan Abdul Makruf (42) asal Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji.

Satu orang lain adalah Abdul Rosid (36) dengan alamat Desa Kamondung, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang Madura. Mereka diringkus oleh petugas pada Kamis (10/1/2019) malam, di 4 lokasi berbeda.

“Diamankan karena menyebarkan informasi bohong bahwa Bank BCA Pandaan dirampok, sehingga menimbulkan keresahan dan ketakutan di masyarakat. Padahal kaca kantor bank pecah karena proses pembuaian,” kata Kapolres Pasuruan, AKBP Rizal Martomo, Jum’at (11/1/2019).

Dari penangkapan ini, diketahui 4 pelaku mempunyai peran yang berbeda-beda. Pelaku Didik berperan sebagai penyebar hoaks melalui grup Whatsapp (WA) yang kemudian oleh Eko diposting ke grup ‘facebook’ Info Lantas Kriminal (ILK) Pasuruan.

Sedangkan Makruf menyebarkan kabar bohong tersebut melalui WA kepada Rosid. Pelaku terakhir ikut menyebarluaskan info perampokan kantor Bank BCA Pandaan ke ‘facebook’ (FB). Disebutkan bahwa bank tersebut dirampok oleh 8 orang bersenjata api yang mengakibatkan kaca kantor pecah.

Dalam penangkapan ini polisi menyita alat bukti berupa sebuah handphone (HP) Advan S5e milik didik, sebuah HP Oppo A37 milik Eko, satu unit HP Oppo F1s dari tangan Makruf dan satu unit HP Samsung Galaxy J2 prime milik Rosid.

“Para pelaku melanggar Undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE). Sementara penyelidikan masih berproses,” tandas Kapplres Rizal. (*)

Baca Juga  Bubarkan Arena Judi, Polsek Kotaanyar Dikepung Massa

 

 

Penulis : Mohamad Jakfar

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …