Blusukan, PDIP Desak Renovasi Pasar Kronong Dipercepat

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tertundanya renovasi Pasar Kronong di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo hingga akhir tahun 2018 ini menjadi perhatian tersendiri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Saat ‘blusukan’ kampanye Capres, Caleg DPR RI dan DPRD, PDIP meminta proses renovasi Pasar Kronong dipercepat.

Mengajak kadernya, caleg DPR RI Ahmad Djunaidi, dan beberapa caleg DPRD, Ketua DPC PDIP Kota Probolinggo, Nasution mengaku, menampung keluh kesah para pedagang di Pasar Kronong.

Tata letak bedak atau stand di pasar penampungan sementara pedagang Pasar Kronong yang berada di sisi pasar menjadi perhatian. Akses yang sempit membuat para penjual berdesak-desakan saat berbelanja.

“Ini kami dalam rangka blusukan mengenalkan para caleg sebagai sosialisasi pada masyarakat. Kami tak hanya menunjukkan identitas dan membagikan stiker, tapi mendengarkan keluhan para pedagang,” ucap pria yang akrab disapa Cak Yon ini.

Kondisi Pasar Kronong, Kota Probolinggo, yang renovasi pembangunannya terbengkalai (rs)

Ia pun meminta agar Pasar Kronong segera dipercepat renovasinya agar segera bisa dinikmati masyarakat. Diharapkan jika kadernya terpilih menjadi prioritas sendiri perhatian bagi pasar tradisional.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Gatot Wahyudi mengatakan, sebenarnya tahun ini (2018) proyek Pasar Kronong akan dilanjutkan dengan dana Rp 450 juta. Hanya, rencana itu  dibatalkan dengan alasan waktu mepet yakni, hanya sekitar 2 bulan, sehingga tidak diperkenankan oleh BPK.

“Agar pekerjaan tepat waktu sesuai rencana, dana Rp 450 juta dipangkas menjadi Rp 200 juta. Karena dananya hanya Rp 200 juta, proyek tidak ditender, tetapi penunjukan langsung namun ditolak BPK dan kejaksaan,” kata Gatot, Sabtu (1/12/2018).

Gatot memastikan, tahun depan (2019) proyek dilanjutkan, mengingat dana Rp 850 juta yang diajukan sudah disetujui DPRD. Proyek pasar yang penyelesaiannya sampai 80% ini akan ditender lebih awal yakni antara Februari sampai Maret tahun depan.

Baca Juga  Setelah Dua Jam, Kebakaran Rumah di Jati Akhirnya Padam

Pasca ke Pasar Kronong, blusukan kampanye PDI Perjuangan dilanjutkan ke Pasar Wiroborang. Tujuannya juga sama, menjaring keluh kesah para pedagang pasar. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh
Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Kandidat Independen Ambil Formulir di PDI Perjuangan, Lhooo?

Probolinggo,- Setelah mendaftarkan ke KPU Kota Probolinggo, bakal calon walikota (bacawali) dan bakal calon wakil …