Lari ke Bali, Buron Curanmor Asal Pakuniran Didor Polisi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Probolinggo menciduk buron pelaku pencurian motor (curmor), yakni Mulyadi (28), warga Dusun Dermoyo, RT 07 RW 02, Desa Patemon kulon, Kecamatan Pakuniran. Ia dicokok di tempat persembunyiannya di Kabupaten Gianyar, Bali.

Dalam penangkapan ini, buron kasus pencurian kendaraan bermotor 3 lokasi di wilayah hukum Polres Probolinggo itu menyerah setelah salah satu kakinya ditembak petugas. Mulyadi masuk daftar pencarian orang (DPO), setelah terlibat dalam curanmor di milik warga Pakuniran.

Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP. Riyanto mengatakan, tersangka menjadi target penangkapan sejak ia kabur ke Bali untuk menghindari kejaran polisi. Terakhir, tersangka beraksi padabulan Agustus dan September 2018 di wilayah Besuk dan Pakuniran.

“Secara keseluruhan, tersangka beraksi di tiga TKP (Tempat Kejadian Perkara, red). Modusnya, mencuri sepeda motor milik petani yang diparkir di pinggir sawah dengan memanfaatkan situasi korban yang sibuk bekerja,” kata AKP. Riyanto, Rabu (17/10/2018).

Salah satu barang bukti motor yang diembat tersangka Mulyadi. (ist)

Saat ditangkap, tersangka jelas Riyanto, pura-pura tidak terlibat. Tak sampai disitu, tersangka justru melawan dan berusaha kabur. “Begitu melawan dan berusaha kabur, kami lumpuhkan dengan tembakan terukur,” jelas mantan Kasatreskrim Polres Situbondo ini.

Dari pengakuan Mulyadi(28), aksi pencurian dilakukan bersama rekanya Yusuf alias Supriyadi (38) asal Desa Sumberkembar, Kecamatan Pakuniran. Yusuf ditangkap setelah ditembak kakinya oleh petugas.

Sedangkan sepeda motor yang dilaporkan dicuri oleh tersangka, adalah Honda Vario, Honda Beat dan Yamaha Jupiter MX. Oleh polisi, mereka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian. “Ancaman hukumannya penjara diatas lima tahun,” tutup Riyanto. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Kecam Insiden Situbondo, Wartawan Probolinggo Turun Jalan

Baca Juga

Ada Mobil tak Bertuan di Jalan Raya Bromo, Sudah Sepekan Terparkir

Probolinggo,- Warga Jalan Raya Bromo, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Kamis (16/5/24) digegerkan …