Kapal Cantrang Dibolehkan, Ribuan Masyarakat Mayangan Gelar Tasyakuran

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ribuan Warga Nelayan di Kelurahan/Kecamagan Mayangan Kota Probolinggo, gelar syukuran atas diperbolehkanya Kapal jenis Jonggrang melaut dan menangkap ikan kembali, Sabu (20/01/2018) malam.

Pasalnya peraturan yang di keluarkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Puji Astutik, bahwa Kapal nelayan jenis Jonggrang tidak boleh melaut karena dapat merusak ekosistem laut, namun kebijakan itu justru dimentahkan kembali oleh Presiden RI Joko Widodo. Dan nelayan Jonggrang diperbolehkan kembali melaut.

Tasyakuran yang di hadiri oleh beberapa ulama dan tokoh masyarakat setempat, menjadi simbol bahwa usaha para nelayan Cantrang Ke Jakarta untuk meminta Presiden Joko Widodo menggugurkan peraturan yang tidak sia-sia.

Mohamad Fikri, salah satu nelayan mengungkapkan, meski belum ada ijin resmi dari pihak Pemerintah atas diperbolehkannya Nelayan Cantrang melaut kembali, namun para nelayan sudah sangat bersyukur dengan diperbolehkannya nelayan dengan kapal Cantrang melaut kembali.

“Kami sangat bersyukur bisa melaut lagi, sudah sekitar satu bulan sejak Bu Menteri Susi tidak membolehkan nelayan Cantrang melaut, kami menjadi pengangguran. Mayoritas nelayan di Kota Probolinggo menggunakan kapal berjenis Cantrang,” ungkapnya.

Habib Hadi Zainal Abidin, salah satu tokoh masyarakat Kota Probolinggo mengatakan, masyarakat nelayan khususnya di kawasan Mayangan tentu harus bersyukur kebijakan itu tak jadi diterapkan. Pasalnya, jaring cantrang terbukti mampu membantu perekonomian masyarakat Kota Probolinggo.

“Para nelayan berterima kasih terhadap Pemerintah yang telah mendengar keluhan masyarakat nelayan, meski belum ada ijin resmi terhadap Kapal Jonggrang ini untuk melaut, namun warga sangat bersyukur atas keputusan Presiden RI yang memperbolehkan kembali kapal Cantrang melaut,” papar bakal calon Walikota Probolinggo 2018 – 2023 ini. (guf/arf).

Baca Juga  Tak Ada Paslon Daftarkan Akun Medsos, Pelanggaran Pilwali Kini Urusan Kepolisian

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …