Puting Beliung Sapu Pemukiman, 23 Rumah Rusak dan 2 Kandang Ayam Roboh

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Angin puting beliung menerjang pemukiman warga di Desa Pamatan, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Meski tak menimbulkan korban, kejadian ini menyebabkan sedikitnya 23 rumah rusak, 2 kandang rata dengan tanah dan 30 pohon tumbang.

Kerusakan rumah tersebar di tiga dusun, yakni Dusun Krajan, Winong, dan Darungan. Kerusakan terjadi pada genting dan atap rumah, bahkan sejumlah tembok rumah ambrol. Sementara robohnya dua kandang ayam, mengakibatkan sekitar 300 ekor ayam potong mati.

Musibah angin puting beliung ini terjadi pada Rabu (17/1/2018) petang. Saat itu, terlihat beberapa titik pusaran angin, pasca hujan turun di kawasan tersebut. Meski berlangsung tak sampai 5 menit, namun kencangnya angin memporak-porandakan pemukiman padat penduduk itu.

“Begitu mendengar deru angin, spontan kami keluar menyelamatkan diri. Benar saja, tak sampai lima menit, puting beliung menyambar rumah. Genting-genting rumah berjatuhan,” kata Abdul Kholik, salah satu warga terdampak, Kamis (18/1/2018).

Pasca kejadian ini, jelas Kholik, warga langsung melakukan perbaikan dengan membereskan material keruakan dan memngemas barang-barang yang masih bisa diselamatkan. “Ini kami juga mau memotong kayu-kayu roboh, biar tidak semrawut,” imbuhnya.

Warga berharap, pemerintah daerah Kabupaten Probolinggo turun tangan dengan menyalurkan bantuan untuk perbaikan rumah warga terdampak.”Harapannya gitu, ada bantuan. Untuk sementara, akan kami perbaiki dengan Dana Desa (ADD),” papar Kepala Desa Pamatan, Riyono. (guf/arf).

Baca Juga  Rem Blong, Truk Sasak Pagar Pembatas Jalan

Baca Juga

Hendak Menyeberang Jalan, Warga Besuk Tertabrak Trail di Jalur Paiton

Probolinggo,- Kecelakaan maut terjadi di jalur Pantura Paiton, tepatnya di jalan raya Desa Pondokkelor. Peristiwa …