Suasana ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU dr Moch Saleh Kota Probolinggo.

Darurat, Rumah Sakit Milik Pemeritah Ini Krisis Obat-obatan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pasien rumah sakit umum (RSU) dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo, terancam tak mendapatkan penanganan medis, lantaran rumah sakit milik Pemkot Probolinggo itu mengalami krisis obat-obatan. Krisis obat bahkan sudah terjadi, sejak Oktober 2017 lalu.

Ketua Komite Medic RSU dr Moch. Saleh, dr Bambang Sukoco mengatakan, krisis obat ini sudah menjadi keresahan sejumlah dokter spesialis, yang melaporkan kesulitan obat melalui grup ‘WhatSaap’. Krisis obat sudah dirasakan sejak Oktober 2017 dan hingga kini belum menemukan solusi.

“Kita harap pihak manajemen rumah sakit segera merespon masalah ini, agar tidak berlarut-larut. Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak pada penanganan pasien,” tutur dr Bambang Sukoco, kepada sejumlah awak media di ruangannya, Rabu (03/01/2018).

Untuk menyiasati kondisi itu, kata Bambang, selama ini pihaknya terpaksa mengambil obat dari luar apotik rumah sakit, meski dengan harga lebih mahal. Akibatnya, banyak keluarga pasien mengeluh karena harga obat tak seperti biasanya.

“Ada sejumlah obat penting yang kebutuhannya sangat mendesak untuk perawatan medis pasien. Salah satunya, yakni obat untuk penanganan pasien penyakit saraf, obat jenis ini akan semakin sudah didapat kalau tidak ada solusi,” imbuhnya.

Sementara pihak rumah sakit, tak satupun yang bisa ditemui oleh awak media untuk mengkonfirmasi dugaan krisis obat tersebut. Hingga berita ini ditulis, belum ada penjelasan resmi dari pihak rumah sakit terkait penyebab kelangkaan obat di lingkungannya. (fly/arf).

Baca Juga  Waspada!! Ada 18 TPS Sangat Rawan di Pilwali Probolinggo

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …