Polresta Probolinggo mengamankan buku IPS Yerussalem dari sekolah, Jum'at (15/12/2017).

Redam Kontroversi, Polresta Probolinggo Tarik Buku ‘Yerussalem’ Dari Sekolah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kontroversi berkepanjangan buku mata pelajaran (Mapel) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bertuliskan Yerussalem sebagai ibukota Israel, membuat Polresta Probolinggo, menarik peredaran buku tersebut dari sekolah, Jum’at (15/12/2017).

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, penarikan buku untuk kelas VI Sekolah Dasar (SD) dan lembaga sederajat itu dilakukan seiring kian banyaknya protes dari wali murid dan masyarakat. Mereka menuding buku terbitan penerbit Yudistira tahun 2016 itu, menyajikan informasi yang salah.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kota Probolinggo, kemudian memutuskan untuk menarik buku-buku itu dari sekolah. Teknisnya, buku-buku itu dikumpulkan oleh sekolah di Unit Pengelola teknis (UPT) Dinas Pendidikan yang berada di tiap kecamatan, lalu kami tarik,” kata Kapolresta Alfian.

Sedikitnya, 102 eksemplar buku dari dua penerbit berbeda, yakni Yudhistira dan Intan Pariwara, yang ditarik polisi. Rinciannya, 46 eksemplar berasal dari SD/MI se-Kecamatan Mayangan, sisanya sebanyak 66 eksemplar berasal dari Kecamatan Wonoasih.

Sementara buku-buku yang masih beredar di tiga kecamatan lain se-Kota Probolinggo, menurut Kapolresta, rencananya akan ditarik total pada Senin (18/12/2017) depan. Jumlah di tiga kecamatan itu, yakni Kecamatan Kedopok, Kademangan dan Kanigaran diperkirakan berjumlah ribuan eksemplar.

“Untuk tiga kecamatan lain, Senin depan kami tarik semua. Untuk saat ini, kami tarik yang siap dulu. Kami juga akan memintai keterangan kepada penerbit Yudistira, maupun penerbit lainnya, apa ada unsur kesengajaan atau tidak,”  papar perwira asal Sumenep Madura ini.

Selanjutnya, buku-buku yang ditarik diamankan ke Mapolresta Probolinggo. Polisi berharap, penarikan buku-buku tersebut mampu meredakan polemik di dunia pendidikan, yang terjadi sejak sepekan terakhir. (guf/arf).

Baca Juga  Gerakan Rp 2 Ribu Untuk Palu dan Donggala

Baca Juga

Tenang! Pasokan Listrik Jawa Madura hingga Bali Aman Jelang Idul Fitri

Probolinggo,- PT PLN (Persero) terus berupaya menjaga keandalan listrik selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah. …