Wow.. Kawanan Hiu Tutul Bermunculan di Perairan Utara Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Wisatawan yang hendak menikmati obyek wisata Snorkeling di pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, kini mendapatkan suguhan destinasi wisata baru. Destinasi anyar ini adalah kemunculan Hiu Tutul (Leopard Sharks) disepanjang perairan laut utara Probolinggo, yang dilintasi oleh wisatawan.

Ya, sejak dua hari terakhir Hiu Tutul atau Rhincodon Typus, kembali bermunculan di perairan selat Madura tersebut. Ukuran tubuhnya pun beragam, antara 3 hingga 8 meter dengan warna kulit coklat kegelapan disertai bintik-bintik putih disekujur tubuhnya.

Tak perlu jauh-jauh, cukup berlayar sekitar 15 menit menggunakan kapal tradisional dari pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, kawanan mamalia dilindungi ini sudah terlihat.

“Kalau dianggap fenomenal, ya bisa jadi seperti itu. Hiu tutul ini munculnya hanya setahun sekali, itupun tak pasti waktu dan jumlahnya. Yang pasti saya senang bisa lihat secara langsung,” papar Risky Putra Dinasty (26) salah seorang wisatawan, Minggu (3/12/2017).

Selain siklus tahunan yang sayang untuk dilewatkan, Hiu Tutul tersebut menurut Risky, tergolong jinak sehingga cocok menjadi objek swafoto. “Kayaknya gak perlu takut untuk mendekat, ini tadi saya ketemu 8 ekor lalu foto dari dekat, aman-aman saja,” terang pemuda asal Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademagan ini.

Hiu tutul (Leopard Sharks) bermunculan di perairan utara Probolinggo, sejak dua hari terakhir. (fly).

Ditempat terpisah, wisatawan lain Yuyun Nur Rohmah (22) mengatakan, awalnya ia tak mendengar jika ada kawanan Hiu Tutul di perairan dangkal Probolinggo. Namun niatnya menikmati Wisata Snorkeling memudar saat pemilik kapal yang ia tumpangi, tiba-tiba memberi tahu jika ada Hiu Tutul di perairan tersebut.

“Gak tahu kalau ada Hiu Tutul, niatnya sih bersnorkeling. Ngerti ada satwa langka, ya saya sama teman-teman memutuskan berburu foto dulu sama Hiu, baru setelah itu ke Snorkeking Pulau Gili,” tutur dara asal Jember ini.

Baca Juga  Masuk Musim Penghujan, Petugas Cek Sistem Peringatan Dini 5 Dam

Hingga kini, belum diketahui secara pasti berapa ekor Hiu Tutul yang berkeliaran di perairan pantai utara Probolinggo. Dugaan awal, mamalia ini berkoloni meninggalkan habitat aslinya di perairan Australia, untuk mencari makanan jenis plankton, yang mulai langka akibat cuaca ekstrem di laut lepas. (fly/arf). 

Baca Juga

Rawat Kelestarian Alam, Pj Bupati Lumajang Kampanyekan Tandur Bareng

Lumajang,- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hartutik, bersama Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan tandur …