Material Longsor Dibersihkan, Jalur Probolinggo – Lumajang Kembali Normal

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sempat lumpuh akibat tertimbun material tebing longsor, jalur penghubung antara Kabupaten Probolinggo-Lumajang di Desa Tlogosari, Kecamatan Tiris, kini sudah bisa dilalui kembali.

Jalur menanjak di lereng Pegunungan Argopuro itu kembali normal setelah puluhan warga dan petugas gabungan bergotong royong membersihkan material longsor, yang mengular sepanjang 2 kilometer. Dengan menggunakan alat berat, tumbukan material longsor dievakuasi dari badan jalan.

“Kami menggunakan alat berat, karena dengan cara manual tidak mungkin tumpukan material ini bisa cepat teratasi. Yang penting akses jalan ini bisa dimanfaatkan kembali, karena menyangkut arus transportasi jasa dan ekonomi masyarakat,” ujar Wakil Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko, di lokasi longsor, Rabu (18/10/2017).

Longsor yang menimpa Desa Tlogosari, tersebar di 14 titik berbeda. Enam titik di sepanjang jalan utama sepanjang 2 kilometer. Sedangkan delapan titik lainnya terjadi di titik sepanjang sungai di dalam hutan Desa Tlogosari.

Musibah longsor yang dipicu hujan deras ini, mengakibatkan akses Desa Tlogosari dengan Desa Kalibante, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang terputus, karena badan jalan tertutup oleh material longsor. Longsor juga membuat sejumlah titik jalan tergerus dan plengsengan rusak berat.

“Untuk jalan yang tergerus, kami memasang jembatan darurat. Kami juga pasang bronjong untuk menahan badan jalan itu. Nanti kita koordinasikan dengan PU (Pekerjaan Umum, red) untuk mengajukan anggaran perbaikannya,” tandas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anung Widiarto. (em/ela).

Baca Juga  Hendak Putar Balik, Pemotor Tewas Tertabrak Truk BBM

Baca Juga

Empat Korban Laka KA Rejoso Dikebumikan, Warga Merasa Kehilangan

Pasuruan,- Kecelakaan maut merenggut nyawa 4 orang di perlintasan kereta api Desa Patuguran, Kecamatan Rejoso, …