Vaksin Covid-19 Didistribusikan, Berikut Pelayanan Vaksinisasi

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sebanyak 3.000 dosis vaksin sudah didistribusikan ke 33 puskesmas dan satu rumah sakit dari Gudang Farmasi Kesehatan (GFK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Rabu (27/1/2021).

Pendistribusian tersebut, untuk 33 puskesmas di Kabupaten Probolinggo diambil di GFK Kabupaten Probolinggo dengan pengawalan ketat pihak TNI/Polri. Sedangkan untuk enam rumah sakit, hanya RSUD Waluyo Jati Kraksaan saja yang dikirim langsung.

“Untuk lima rumah sakit lainnya, yakni rumah sakit di Tongas, Paiton (Rizani), Dringu (Wonolangan), Graha Sehat dan RSIA Fatimah Kraksaan masih menunggu pelatihan vaksinisasi Covid-19. Kalau untuk pelaksanaan itu dimajukan Jumat (29/1/2021),” kata Jubir Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Dewi Vironica.

Sedangkan vaksinasi dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes), lanjut dr. Viro, panggilan dr. Dewi Vironina, mereka yang sudah mendapatkan e-ticket di Kabupaten Probolinggo dan sudah terverifikasi di tahap 1 termin 2. Target sasaran Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) sebanyak 3.213 nakes.

“Sedangkan jumlah vaksin yang diterima sebanyak 3.000 dosis dari alokasi vaksin sebanyak 6.480 dosis. Maka dari itu untuk vaksin penyuntikan yang ke-2 setelah jedah selama 14 hari akan dikirim kemudian. Selanjutnya untuk tahap kedua, sasarannya pejabat,” ungkap dr. Viro.

Sedangkan untuk alur pelayanan vaksinasi, sambung dia, sebelum pelaksanaan, sasaran menerima notifikasi (SMS) kemudian dilakukan registrasi online (peduli lindungi). Lalu sasaran memilih tempat vaksinasi dan memilih jadwalnya sehingga mendapatkan e-tiket berupa nomor dan barcode.

“Saat pelaksanaan, sasaran datang ke faskes yang telah dipilih sesuai jadwalnya. Pertama menuju meja 1 untuk registrasi ulang lalu menuju meja 2 screening untuk bisa menentukan lanjut atau tunda atau tidak usah divaksin. Kalau lanjut, maka sasaran menuju ke meja 3 untuk pemberian vaksinasi, dan terakhir ke meja 4, pencatatan dan pemantauan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi),” terang perempuan kelahiran Balikpapan, Kaltim itu. (*)

Baca Juga  Jelang Nataru, Ratusan Lansia Divaksin

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …