Perawat Senior di Puskesmas Ketapang Meninggal Pasca Terpapar Covid-19

MAYANGAN-PANTURA7.com, Dunia kesehatan, khususnya di Kota Probolinggo berduka. Seorang tenaga kesehatan (Nakes) senior meninggal dunia setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19, Senin (13/7/2020).

Ia adalah Gigih Sujoko Lugiamanto (52) warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan itu, menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo, sekitar pukul 16.48 WIB. Ia meninggal pasca sepekan dirawat di rumah sakit plat merah tersebut.

Saat masih hidup, Gigih berdinas di Puskesmas Ketapang, Kecamatan Kademangan selama sekitar 7 tahun. Ia menjadi salah satu dari 3 orang nakes di Puskesmas Ketapang, yang dinyatakan positif terinfeksi virus korona.

“Kami sangat kehilangan, beliau orangnya baik dan menjadi panutan kami. Sering kasih nasehat dan motivasi positif kepada para juniornya,” kata Ina Asari, rekan sekantor Gigih jelang pelepasan jasad korban di kamar jenazah RSUD dr Mohamad Saleh.

Sebagai bentuk duka cita dan solidaritas, puluhan nakes yang mayoritas teman korban, menyalakan lampu ponsel sambil berdoa di jalan raya depan kamar jenazah, Jalan Raya Letjend Panjaitan. Sebagiannya menangis sesengukan.

“Tentunya, kami sangat kehilangan. Beliau pahlawan kemanusiaan yang berkorban mempertaruhkan nyawa sampai dirinya sendiri terpapar Covid-19,” terang Ketua Gugus Tugas Satgas Covid-19 Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, yang hadir melepas melepas jasada korban.

Pria yang juga Wali Kota Probolinggo ini berharap, tidak ada lagi korban nakes yang meninggal akibat paparan virus korona. Ia juga meminta, masyarakat saling menjaga diri demi keselamatan bersama.

“Ada yang percaya dan tidak percaya (soal virus korona, red), tapi tolong mari kita saling menjaga diri sehingga kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain,” wantinya.

Sekedar informasi, jumlah pasien positif Covid- 19 di Kota Probolinggo saat ini sebanyak 133 orang. Rinciannya, 63 orang dalam perawatan di RSUD dr Mohamad Saleh, 2 pasien dirawat di luar kota, 65 orang dinyatakan sembuh, lalu pasien meninggal sebanyak 3 orang. (*)

Baca Juga  Satgas Diminta Prioritaskan Edukasi Selama Karantina Pemudik

Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …