TEGAS: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (tengah) meminta ASN di jajaran Pemkab Lumajang netral menapaki tahapan Pilkada Lumajang 2024. (foto: Kominfo Lumajang).

Netralitas dalam Pilkada 2024, Harga Mati bagi ASN di Lumajang

Lumajang,- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Lumajang tinggal beberapa bulan saja. Netralitas menjadi harga mati yang ditekankan pemerintah daerah kota pisang kepada jajarannya.

Pj Bupati Lumajang Indah Wayuni atau yang akrab disapa Yuyun menegaskan pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) Lumajang untuk menjaga netralitas saat menjelang pilkada, 27 November 2024.

“Tujuan utamanya adalah mewujudkan Pemilu 2024 yang demokratis, aman, tertib, dan damai di Kabupaten Lumajang,” kata Yuyun saat memimpin apel sekaligus halal bihalal di kantor Pemkab Lumajang, Selasa (16/4/24).

Sebelumnya, imbuh Yuyun, ia mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh jajaran ASN Lumajang yang telah menyalurkan hak pilihnya dan membantu menjaga suasana kondusif Pemilu 2024, 14 Februari lalu.

“Namun, kita masih memiliki satu pemilu lagi pada 27 November mendatang. Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh pegawai untuk tetap menjaga netralitas. Keterlibatan dalam kegiatan politik dapat menghambat peran kita sebagai penggerak pembangunan,” ujar dia.

Yuyun juga menjelaskan beberapa batasan yang harus dipatuhi ASN dalam menjaga netralitas selama tahapan Pilkada 2024.

Termasuk larangan menunjukkan keberpihakan melalui gestur tubuh, terlibat dalam kampanye, atau bahkan menjadi bagian dari tim kampanye.

Selain itu, tambah Yuyun, dirinya menekankan kepada Sekda dan Kepala BKD Kabupaten Lumajang, untuk memastikan netralitas dijaga dengan baik, serta mengawasi perilaku para ASN.

“Kehadiran kita dalam suasana yang kondusif sangatlah penting untuk kelancaran pembangunan. Jika ketertiban terganggu, pembangunan akan terhambat. Oleh karena itu, kita harus menghindari hal-hal yang dapat merusak kondusifitas,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Antisipasi Gunung Semeru Kembali Erupsi, Pemkab Lumajang Pasang 27 CCTV

Baca Juga

Ingin Sejahterakan Masyarakat, Sigit Kembalikan Formulir Balon Wakil Walikota ke DPC PDI Perjuangan

Probolinggo,- Salah satu bakal calon wakil walikota, Sigit Adi Perdana yang juga pengusaha muda pada …