HARLAH: Ditetapkan sebagai sekolah berbasis riset jadi kado harlah SMA Unggulan Haf-sa Genggong. (foto: Ainul Jannah)

Dinas Pendidikan Jatim Tetapkan SMA Unggulan Haf-Sa Genggong Jadi Sekolah Berbasis Riset

Pajarakan,- SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Probolinggo, genap berusia 21 tahun, Senin (27/2/23). Pengukuhan sebagai sekolah berbasis riset, menjadi kado istimewa SMA-U Hafsa di usianya yang memasuki 2 dekade lebih.

Sebagai wujud syukur, SMA-U Hafsa pun menggelar tasyakuran guna memperingati hari lahir (harlah) di GOR KH. Damanhuri Romly Genggong.

Kepala SMA Unggulan Haf-Sa Genggong M. Inzah mengatakan, selama 21 tahun SMA Unggulan Haf-sa telah berupaya menjalankan amanah yang diberikan Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. M. Hasan Mutawakkil Alallah.

“Ini merupakan rangkaian acara dan usaha kami salah satunya adalah SMA Unggulan supaya bersinergi dengan pesantren untuk mendongkrak kualitas layanan maupun prestasi akademik pesantren,” kata Inzah.

Kado istimewa di usianya yang telah berusia dua dekade lebih, menurut Inzah, adalah tetapkannya SMA Unggulan Haf-Sa sebagai sekolah berbasis riset (penelitian).

“Alhamdulillah sudah diresmikan sebagai sekolah berbasis riset oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur barusan,” kata dia.

Inzah menyebut, salah satu contoh pelayanan SMA Unggulan Haf-Sa terhadap pesantren maupun msayarakat adalah program tahfidz Qur’an. Hal tersebut tidak bisa dilakukan jika tanpa sinergitas antara lembaga sekolah dengan pesantren.

“Seperti yang saat ini sudah kami uji publik, sudah ada anak didik kami yang menghafal Al-qur’an sampai 15 juz, dan ini masih akan berlanjut,” ia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, ia telah melihat secara langsung proses pembelajaran karakter yang diterapkan di SMA Unggulan Haf-Sa.

“Alhamdulillah, lami sudah bisa melihat langsung SMA Unggulan secara langsung dan betul-betul SMA yang unggul. Kami disajikan dengan bahasa ingris yang sangat fasih dari para siswa,” ujarnya.

Baca Juga  Santri Ponpes Sidogiri Disterilisasi saat Pulang Kampung ke Sidoarjo

Ia mengaku kagum dan menyebut tepat jika SMA Unggulan Haf-sa ditetapkan sebagai sekolah berbasis riset. “Saya berharap hal ini terus dikembangkan dan yang baik menjadi lebih baik,” ungkapnya memungkasi. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Keluarkan Maklumat, MUI Kabupaten Probolinggo Larang Patrol Sahur

Probolinggo,- Dalam rangka datangnya bulan Ramadan 1445 H, Dewan Pimpinan (DP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) …