LONGSOR: Kondisi jalur piket nol Lumajang pasca terjadi tanah longsor. (foto: Asmadi)

Longsor di Piket Nol, Jalur Lumajang – Malang Lumpuh

Lumajang,- Hujan deras yang mengguyur wilayah Lumajang bagian selatan membuat longsor di kilo meter 59 piket nol. AKibat longsor tersebut, jalur Lumajang-Malang putus total.

Longsor itu terjadi tepatnya di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Lokasinya tidak jauh dari pembangunan rekontruksi jembatan gladak perak.

Musleh (41), warga Desa Sumberwuluh mengatakan, longsor yang di KM 59 itu terjadi Kamis (3/11/22) malam. Namun, karena sudah larut malam, dirinya tidak melakukan aktifitas apapun disekitar longsoran tersebut.

“Ya takut ada longsor susulan, apa lagi suasana larut malam, jadi ya saya hanya mengamankan warga agar tidak mendekat,” katanya, Jumat, (4/11/2022).

Akibat longsoran itu, akses menuju Kecamatan Pronojiwo lumpuh total. Bahkan, menurut informasi para warga, masih ada longsoran lain di sekitar jembatan Perak.

“Informasinya, 250 hingga 300 meter dari jembatan itu juga terjadi longsoran,” ujar dia menegaskan.

Hingga saat ini, warga dan para petugas gabungan masih menunggu bantuan dari petugas BPBD Lumajang untuk melakukan asesmen jalan yang sudah ambles.

Selain itu, sambil menunggu bantuan alat berat, warga dan petugas gabungan melakukan pembersihan dengan alat seadanya di lokasi longsor itu.

“Sambil menunggu dari petugas BPBD kita melakukan pembersihan dengan alat seadanya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Joko Sambang menyampaikan, pihaknya sudah melakukan asesment.

“Saat ini, tim kami sedang melakukan asesment,” klaimnya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Laka di Dringu, Pendamping PKH Tabrak Anak Sekolah Lalu Terbentur Trailer

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …