Vaksin Meningitis Langka, Calon Jamaah Umroh di Lumajang Terancam Gagal Berangkat 

Lumajang,- Kabar buruk bagi para calon jamaah umroh di Kabupaten Lumajang. Pasalnya, stok vaksin meningitis di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Lumajang, dinyatakan sudah kosong.

Tentu dengan kekosongan vaksin ini akan membuat calon jamaah umroh tidak diperbolehkan berangkat ke Arah Saudi sebelum melakukan vaksinasi. Sebab, kalau dipaksakan untuk berangkat umroh, tentu sangat beresiko terkena meningitis.

Melalui sambungan teleponnya, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang, Abdul Rofiq mengatakan, besar kemungkinan bagi para calon jemaah haji yang tidak vaksin pemberangkatannya akan diundur.

“Tadi saya koordinasi dengan pihak travel, sementara ya harus mundur jadwal pemberangkatannya jika memang belum mendapatkan vaksin, mudah-mudahan saja tiketnya belum dibeli,” kata Rofiq, Kamis (29/9/22).

Namun, lanjut Rofiq, 305 jamaah yang jadwal keberangkatannya pada bulan September, semuanya sudah divaksin sebelum stoknya langka. Selain itu, calon jemaah haji pada bulan Oktober nanti juga sudah divaksin.

Ia menambahkan, sebelum hari pemberangkatannya, para calon jamaah umroh idealnya divaksin meningitis. Vaksin ini diberikan 15 hari sebelum pemberangkatan ke tanah suci.

“Alhamdulillah, jamaah sudah divaksin semua sebelum kelangkaan ini terjadi, yang Oktober sebagian sudah vaksin,” jelasnya.

Untuk diketahui, meningitis adalah kondisi serius yang menyebabkan lapisan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan.

Vaksin meningitis penting dilakukan sebelum berangkat ke Arab Saudi untuk melindungi jemaah dari penularan penyakit meningitis.

Sebab di tanah suci, para jamaah akan berkumpul dengan banyak orang dari berbagai negara, termasuk negara dengan kondisi endemi meningitis. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Maling Nyaru Pembeli Marak, Konter HP di Paiton Kecolongan

Baca Juga

CAT Berakhir, Sejumlah Peserta Tak Hadir

Probolinggo – Tes tulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) dalam penjaringan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) …