Jembatan Kregenan Bakal Dibangun Sebelum Tutup Tahun, Anggaran Rp3,5 M

Kaksaan,- Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (DPUBM) Provinsi Jawa Timur (Jatim) memastikan jembatan gantung di Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, selesai dibenahi sebelum akhir tahun 2022.

Hal itu disampaikan DPU Pemeliharaan Bina Marga Provinsi Jatim, Mariatul Qibtiah saat ia meninjau kondisi jembatan pasca ambruk, Rabu (28/9/22) siang.

“Pokoknya sebelum akhir tahun ini sudah selesai pembangunan jembatan ini,” ungkapnya di hadapan awak media.

Menurutnya, jembatan baru yang akan dibangun berupa jembatan Bailley. Pertimbangannya, karena konstruksi tanah di sekitar lokasi jembatan tergolong lunak.

“Karena kalau potensi dangkal tanah di sini itu tidak kuat. Kemudian juga ada sedikit penolakan untuk dibangun jembatan gantung karena masyarakat setempat masih trauma,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, jembatan yang akan dibangun nantinya akan lebih lebar dari sebelumnya. Pelebaran jembatan demi kenyamanan dan keselamatan warga pengguna jembatan.

“Untuk panjangnya sekitar 36 meter, dan agar lebih nyaman lebarnya sekitar tiga meter. Anggarannya sekitar Rp3,5 miliar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Rachmat Waluyo mengatakan, selama ini juga memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa kembatan merupakan aset bersama yang harus dirawat bersama.

“Ya kita jaga bersama, rawat bersama, karena merupakan aset kita bersama. Kemudian juga akan ada portal di jembatan ini agar lebih bersahabat lagi untuk masyarakat dan penjagaannya biar bagus,” paparnya.

Sekedar informasi, jembatan gantung di Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo ambruk, Jum’at (9/9/22) lalu. Akibat insiden itu, puluhan pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Pajarakan alami luka – luka. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Tantri Janji Genjot Perbaikan Jalan di 3 Kecamatan ini

Baca Juga

Warga Dilarang Tempati Kajarkuning, Ini Penjelasan Bupati

Lumajang, – Bupati Lumajang Thoriqul Haq melarang warga untuk menghuni Dusun Kajarkuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan …