Perangi Virus Corona dari Stasiun dan Terminal

MAYANGAN-PANTURA7.com, Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang terus meluas, membuat sejumlah fasilitas publik disterilkan. Di Kota Probolinggo, petugas gabungan dari Polri, TNI, dan PT. KAI melakukan sterilisasi stasiun KA, Sabtu (14/3/2020).

Sterilisasi tersebut berupa pembersihan kawasan stasiun kereta api (KA) dari bakteri dan kotoran. Caranya, petugas menyemprotkan cairan antiseptic di kursi, pintu, meja ruang tunggu, dan semua fasilitas yang kerap dipegang penumpang.

”Mengingat dampak Covid-19 sudah terus meluas ke berbagai negara, maka upaya mitigasi dan pencegahan sangat perlu dilakukan,” kata Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Teguh Santoso.

Menurut Teguh, ancaman Covid-19 merupakan sebuah bencana. Sehingga, lanjut dia, penanganannya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi memerlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat.

“Termasuk juga dari organisasi kemasyarakatan, peran tokoh dan pemuka agama,” tandasnya.

Sterilisasi di stasiun KA Probolinggo, lanjut Teguh, bagian dari upaya Polri dan TNI untukpencegahan dini dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus yang hingga kini belum ditemukan obatnya itu.

“Kegiatan ini akan kami lakukan juga di fasilitas umum lainnya seperti terminal, masjid, dengan melibatkan semua unsur. Juga sosialisasi bagaimana membangun pola hidup bersih dan tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus corona,” jelasnya.

Kepala stasiun Probolinggo Andhika Bagus Permadi kepada mengatakan, pembersihan menggunakan cairan antiseptic akan dilakukan setiap hari sehingga bisa memberikan rasa aman bagi penumpang.

”Pembersihan kami lakukan dengan cara menyeprot cairan antiseptic di titik yang kerap dipegang atau disentuh oleh penumpang kereta api,” tutur Andhika. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Mulai Besok, Sekolah di Kota Probolinggo Diliburkan

Baca Juga

Januari- April, 109 Warga Kota Probolinggo Terjangkit DBD, Dua Meninggal

Probolinggo,- Sejak Januari hingga April 2024, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Probolinggo mencapai …