Probolinggo Langganan Banjir, Bupati Tantri Minta OPD Lebih Sigap

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Dalam sepekan terakhir, 7 kecamatan di Kabupaten Probolinggo dilanda banjir. Menyikapi hal itu, Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, meminta Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) jajarannya lebih sigap melakukan pencegahan.

“Sehingga bisa diketahui dulu penyebabnya apa, masalahnya juga apa sampai terjadi banjir. Ini memang harus dikaji lagi, apakah penyebab banjir itu pendangkalan, ataukah plengsengan sungai yang sudah lapuk hingga sampai jebol,” kata Tantri, Senin, (24/2/2020).

Tantri melanjutkan, untuk mencegah terjadinya banjir pihaknya terus mendorong agar OPD teknis lebih mengedepankan pencegahan daripada penanganan. Namun, lanjut Bupati dua periode ini, kesadaran dari masyarakat juga tidak kalah penting.

“Saya ingin tekankan kepada OPD teknis dan masyarakat, untuk proses pencegahan dulu lalu mencari akar permasalahannya. Seperti yang terjadi di Rawatirta, Kecamatan Leces, ada yang jebol. Nah itu harus betul-betul dikaji, dicari apa penyebabnya,” ungkap dia.

Sementara anggaran dana tidak terduga (TT) dari pemerintah daerah, menurut Tantri, tidak serta dicairkan. Namun harus melalui kajian berdasarkan pengalaman alokasi anggaran pada tahun-tahun sebelumnya serta proyeksi anggaran tahun setelahnya.

“Jika kemudian melihat tingkat kebencanaan tahun ini, ya sangat dimungkinkan kemudian ditambah (Dana TT, red). Akan tetapi, sekali lagi saya tekankan, baik kepada OPD teknis dan masyarakat adalah proses pencegahan dulu,” tutur idtri politisi Hasan Aminuddin ini. (*)

Diketahui, 7 Kecamatan yang dilanda banjir dalam sepekan terakhir di Kabupaten Probolinggo meliputi Kecamatan Sumberasih, Tongas, Leces, Banyuanyar, dan Paiton. Lalu ada Kecamatan Gending dan Dringu. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pasien Enggan Isolasi, Penderita Covid-19 di Probolinggo Kini Jadi 15 Orang

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …