Bupati Tantri Mutasi 446 Pejabat, 3 Kepala OPD Kosong

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 446 pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dimutasi, Kamis (27/12/2018) pagi. Mutasi dan serah terima jabatan (sertijab) ini, dilaksanakan di Wisata Pantai Bentar Gending.

Dalam mutasi ini, sejumlah satuan kerja (Satker) berganti pimpinan. Diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang sebelumnya dinahkodai oleh Anung Widiarto, kini dipimpin oleh Anggit Hermanuadi.

Sementara posisi Anggit sebagai kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) diisi oleh Tutug Edi Utomo, yang sebelumnya menjabat kepala Dinas Kominfo.

Minimnya pejabat eselon II, membuat 3 kursi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kosong. Ketiga OPD tersebut masing-masing Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan.

“Karena terbatasnya pejabat eselon dua, maka ada kekosongan kursi di tiga OPD. Nantinya, akan dilakukan promosi jabatan pada Januari 2019, sementara tiga OPD ini dibawah wewenang Sekda,” kata Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari seusai memimpin sertijab.

Menurut Tantri, mutasi jabatan semata-mata untuk penyegaran dan peningkatan etos kerja. Ia mewanti-wanti agar bawahannya amanah dan waspada ditengah maraknya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Para OPD harus berhati-hati, kebijakan jangan sampai menyalahi aturan. Termasuk kalau rapat-rapat, cukup di lingkungan Probolinggo saja, itu lebih berdampak positif bagi rakyat,” imbuh istri Hasan Aminuddin ini.

Disinggung soal mutasi Kepala BPBD yang sempat disorot pasca bencana alam di Tiris, Tantri membantah hal itu ada sebab akibatnya. “Tidak ada kaitannya, biasa namanya organisasi dinamis. Mutasi ini lebih kepada penyegaran dan penguatan tupoksi,” dalihnya.

Tak hanya mutasi pejabat di tingkat Eselon II, III, IV dan pejabat fungsional, Bupati Tantri juga mengukuhkan Kepala Sekolah serta penyerahan dokumen anggaran (DPA) Tahun 2019. (*)

Baca Juga  Bukan Fenomena 'Heatwave', BPBD Imbau Warga Kota Probolinggo Tidak Panik

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …