Tak Berizin, Reklame Sepanjang Jalan Raya Kraksaan Dicopot

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kabupaten Probolinggo menurunkan sejumlah papan reklame, banner dan pamflet yang tersebar di sepanjang Jalan Protokol Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (17/10/2018).

Pencopotan atribut yang dilakukan sekitar pukul 12.00 WIB itu, karena lokasi pemasangan dinilai melanggar Peraturan Bupati (Perbup). Dalam penertiban ini, Satpol PP juga melibatkan Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo.

Satu persatu pamflet, banner, baleho dan reklame, yang terbentang di jalan raya PB Sudirman, Kelurahan Semampir hingga jalan raya Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, dicopot menggunakan tangga elektrik.

Kanit Team Reaksi Cepat (TRC) Satpol PP Kabupaten Probolinggo Budi Utomo mengatakan, sesuai intruksi Bupati Probolinggo serta mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) bahwa pamasangan papan reklame di sepanjang jalan protokol menyalahi aturan.

“Kami menurunkan seluruh baleho, banner dan pamflet yang terkibar di sepanjang jalan tersebut. Setelah kami cek, ternyata tidak ada yang berizin di sepanjang jalan protokol ini,” ujar Budi kepada PANTURA7.com

Budi mengaku, bahwa pencopotan dilakukan setelah ia berkoordinasi dengan pihak terkait. “Kami sudah rapat koordinasi dengan sejumlah pihak, baik dengan Bawaslu, Dinas perijinan dan yang lain. Hasilnya, baleho dan sejenisnya itu tidak ada yang mengantongi izin,” jelasnya.

Selain ilegal, lanjut Budi, pencopotan itu juga untuk antisipasi jika hembusan angin yang saat ini kencang, berdampak pada robohnya baleho. Jika hal itu terjadi, jelas Budi, tentu akan membahayakan para pengguna jalan yang melintasi jalur utama darat di Pulau Jawa itu.

“Kemarin sudah kejadian di jalan raya Sumberasih, ada baleho yang jatuh lalu mengenai pengendara sepeda motor. Nah ini yang kami antisipasi, supaya kejadian itu tidak terulang disini. Jadi untuk kami fokuskan melakukan pencopotan di jalan Kota Kraksaan,” tutup Budi. (*)

Baca Juga  Kemarau, 20 Desa di 10 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Krisis Air Bersih

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …