TERDAMPAK: Layanan kesehatan gratis kepada warga terdampak bencana banjir lahar hujan Gunung Semeru di Lumajang. (foto: Diskominfo Kab. Lumajang).

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, Ratusan Warga Terserang Gatal-gatal hingga ISPA

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, membuat ratusan warga terdampak bencana terserang penyakit.

Untungnya, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) setempat tanggap dan langsung menggelar pengobatan massa secara gratis, Selasa (23/4/2024).

“Hingga saat ini, sebanyak 167 penduduk yang terdampak telah menerima layanan kesehatan rawat jalan di berbagai puskesmas di wilayah Kabupaten Lumajang,” kata Kepalaa Dinas P2KB Kabupaten Lumajang, dr. Rosyidah.

Akibat banjir yang bercampur lumpur Gunung Semeru, imbuh Rosyidah, masyarakat yang terdampak mengalami penyakit myalgia atau nyeri otot, gatal-gatal, dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Yang lebih mengejutkan lagi, mayoritas penderita berada dalam usia 15 sampai 60 tahun. Tim medis di puskesmas bekerja keras untuk memberikan penanganan yang diperlukan kepada para pasien,” jelas dia.

Meski begitu, kata Rosyidah, tidak ada satu orangpun warga terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru yang sampai menjalani rawat inap. Namum, pihaknya akan terus memantau perkembangan informasi terkait masyarakat yang terdampak.

“Kami terus memantau perkembangan situasi dan siap memberikan bantuan medis tambahan jika diperlukan,” ia menambahkan.

Dinkes P2KB Kabupaten Lumajang, menurut Rosyidah, akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di tengah kondisi yang sulit pasca diterpa bencana alam.

“Kami akan terus memberikan informasi terkini seputar pelayanan kesehatan dan perkembangan situasi di wilayah terdampak bencana,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Nyalip lalu Terjatuh, Pemotor di Lumajang Terlindas Truk Tronton

Baca Juga

Kerap Longsor, Jalur Piket Nol Lumajang Ditutup Sejak Pagi hingga Sore

Lumajang,- Kasatlantas Polres Lumajang, AKP Suwarno mengimbau agar masyarakat Lumajang dan Kabupaten Malang, tidak melewati …