Polsek Sukapura lakukan pengecekan di lokasi patung kemarin. (foto: Polsek Sukapura).

PHDI Akan Ganti Patung Ganesha Sebelum Yadnya Kasada

Probolinggo – Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo akan mengganti patung Ganesha yang ditemukan hilang pada Rabu (17/05/23). Direncanakan, penggantian patung tersebut akan dilakukan sebelum pelaksanaan Yadnya Kasada.

Ketua PHDI Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto mengatakan, hilangnya Patung Ganesha di bibir kawah Gunung Bromo ini baru beberapa hari terjadi. PHDI Kabupaten Probolinggo segera mengganti patung tersebut.

“Patung Ganesha yang hilang segera kami ganti. Namun kami harus pesan lebih dulu ke Bali,” ujarnya.

Meski patung pengganti Ganesha yang dipesan tidak harus mahal, yang penting ada patung penggantinya. Peletakan Patung Ganesha pengganti selain melihat hari baik, juga akan diadakan ritual.

“Untuk penggantian Patung Ganesha ini diusahakan sebelum pelaksanaan Upacara Yadnya Kasada sudah terpasang di lokasi tersebut,” kata Bambang Suprapto.

Sementara Kepala Resot Tengger Laut Pasir BB TNBTS, Ariyanto mengatakan, akan bekerja sama dengan Polsek Sukapura untuk menyelidiki hilangnya Patung Ganesha ini. Selain itu ia minta kepada masyarakat luar Suku Tengger dan wisatawan untuk menghormati adat dan budaya di kawasan Bromo.

“Imbauan kami kepada masyarakat di luar Suku Tengger dan wisatawan yang datang untuk menghormati tempat-tempat sakral
di Bromo salah satunya, di Patung Ganesha karena lokasi tersebut merupakan salah satu tempat ibadah Suku Tengger,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Idul Adha dan Libur Sekolah, Penumpang di Terminal Bayuangga Melonjak

Baca Juga

Survei IMDI, Masyarakat Lumajang Kian Melek Digital 

Lumajang,- Berdasarkan hasil survei Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) tahun 2023 yang dirilis oleh Kementerian …