Bikin Geger, Sapi di Lumajang Berkaki Tiga

Lumajang,- Warga Dusun Tulusrejo, Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, digegerkan dengan lahirnya seekor sapi berkaki tiga.

Sapi milik Miskan (78) itu lahir, Kamis (22/9/2022) sekira pukul 12.30 WIB. Padahal sebelumnya, meski sudah lahiran sebanyak 6 kali, indukan tidak pernah melahirkan sapi anakan aneh.

Kelahiran sapi berkaki tiga itu sontak membuat banyak warga penasaran. Bahkan, bukah hanya warga sekitar, luar kecamatan pun banyak yang datang untuk melihat fenomena langka itu.

“Penasaran, katanya ada sapi kakinya tiga, sempat viral di status-status kemarin itu, makanya ke sini,” kata Jumali, warga Desa Besuk, Kecamatan Tempeh, Rabu (28/9/2022).

Selain penasaran, warga mengaku merasa kasian melihat kondisi sapi yang fisiknya tidak sempurna. Sebab, dengan dua kaki belakang dan satu kaki depan sebelah kiri, beberapa kali anak sapi itu terjungkal saat hendak berjalan.

Bahkan, untuk menyusu ke induknya saja, sang sapi yang diberi nama rojokoyo itu kesulitan. Terkadang, pemilik sapi harus turun tangan membantu mendekatkan anakan ke induknya.

“Kasihan lihatnya enggak tega sendiri, jalan saja sering terjungkal,” kata Nasti, warga setempat.

Sementara itu, Miskan si pemilik sapi mengatakan, meskipun lahir dengan kondisi kaki tiga, sapi ini lahir dengan kondisi sehat. Bahkan, nafsu makannya cukup tinggi meski baru berumur sepekan.

Miskan menambahkan, selama ia ternak sapi, baru kali ini ia mendapati sapi yang lahir tidak sempurna. Padahal, pejantan dan betinanya kondisi fisiknya sangat bagus.

“Kalau sapinya sehat, tetapi yang memang harusnm diawasi. Kadang kalau kandang dibuka, juga suka jalan-jalan jauh,” tutur Miskan.

Walau demikian, lanjut Miskan, ia tetap akan membesarkan sapi itu walau kakinya tiga. Setelah besar nanti, sapi tersebut akan tetap dijual ke pasaran seperti sapi normal pada umumnya.

Baca Juga  Pria Paruh Baya di Gempol Tewas Tersambar KA

“Saya tetap ingin membesarkan sapi itu hingga bisa dijual ke pasaran,” pungkas dia. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Lahar Dingin Semeru, Warga Sumberlangsep, Lumajang Terisolasi 

Lumajang, – Lahar dingin dari Gunung Semeru yang terjadi Selasa siang tadi (6/12/2022) mengakibatkan warga …