Diduga Sakit, ABK Meninggal Saat Berlayar di NTT

MAYANGAN-PANTURA7.com, Anak buah kapal (ABK) dari Kapal Motor (KM) Penelope, Gilang Dwi Suryadi dikabarkan meninggal di atas kapal saat tengah berlayar di perairan Muara Pangkalan Merauke.

Jenazah kemudian dievakuasi oleh petugas dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.
Sebelumnya, 12 Oktober 2020 lalu, sekira jam 17 WIT, kapal bertonase 163 Gross Tonaage (GT), yang dinakhodai Hardi (37), warga Sungai Pasir Meral, RT/RW 002/002, Desa Sungai Pasir, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau dengan membawa 10 ABK. Kapal tersebut berangkat berlayar dari perairan Muara Pangkalan Merauke.

Kepala Syahbandar PPP Mayangan Probolinggo, Arif Wahyudi mengaku, mendapat kabar ada ABK meninggal pada Sabtu (24/10/2020) sekira pukul 20.00 WIT diperairan utara NTT (Nusa Tenggara Timur). ABK itu bernama Gilang Dwi Suryadi (21), warga Rusunawa, JLU, Mayangan, Kota Probolinggo.

Informasinya, korban tiba-tiba mengeluh sakit sesak napas. Sekitar satu jam kemudian ia meninggal dunia dalam perjalanan.

Pihaknya bersama tim gabungan lalu mengevakuasi dan membawa jenazah ke daratan. Untuk sementara kapal yang membawa ABK tersebut dikarantina di tengah laut. Hal itu untuk pemeriksaan mengantisipasi adanya penyakit menular.

“Yang jelas ini bukan Covid-19 hanya penyakit menular biasa. ABK ini diketahui meninggal di atas KMN Penolope GT 163,” ujar Arif saat dikonfirmasi, Minggu (1/11/2020).

Hal senada diungkapkan Kasatpolair, AKP Slamet Prayitno. Dikatakan kapal yang ditumpangi korban bertolak dari Merauke menuju perairan utara NTT.

Nakhoda yang mengetahui ada ABK meninggal, langsung mengarahkan kapalnya ke PPP Mayangan, Kota Probolinggo. Proses evakuasi korban ke dermaga PPP Mayangan dilakukan sesuai SOP Kesehatan Pelabuhan. Yakni dengan protokoler Covid-19, petugas mengenakan APD. Jenazah korban kemudian dievakuasi ke kamar mayat RSUD dr Mohamad Saleh, Kota Probolinggo untuk divisum. (*)

Baca Juga  Pura-Pura Beli, Gasak Uang dan HP di Toko Busana Muslim

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Jelang Lebaran, Kampung Marning Wonoasih Ketiban Rejeki

Baca Juga  Pasang Kuda-kuda, Pekerja Bangunan Tersengat Listrik